bind.umm.ac.id

Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di MI Nurul Islam Tajinan

Abstrak: Programpengabdian dengan sekolah Muhammadiyah yang dilakukan oleh Program Studi PGSD memberikanmanfaat lebih besar kepada sekolah, dan mendorong partisipasi secara langsung warga sekolah (guru,siswa, kepala sekolah,karyawan) dan masyarakat untuk meningkatkan mutu sekolah. Untuk melak-sanalcan konsep tersebut, diperlukan kolaborasi antara Tim dari Prodi dengan sekolah mitra. Pada program ini sekolah mitra yang dimaksud adalah MI Nurul Islam Tajinan.Pelaksanaannya, program pengabdian masyarakat ini diawali dengan pelatihan pembelajaran tematik.Program ini melibatkan dosen sebagai tim pengabdian dan guru sebagai peserta kegiatan ini. Adapun tahapan kegiatannya terdiri dari sosialisasi ke sekolah tempat pengabdian, workshop pembelajaran tematik, pendampingan, praktik pembelajaran tematik di sekolah serta refleksi dan tindak lanjut. Kegiatan ini melibatkan9 orapg suru kelas I dan 2 orang guru kelas IV. Hal ini sesuai program pemerintah bahwa sebagai ujicoba pelaksanaan pembelajaran tematik tahun 2013 dilaksanakan untuk siswa kelas I dan IV.Program yang dilaksanaknn pada bulan maret ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan kerjasama di tahun-tahunsebelumnya. Catatan-catatan perbaikan akan didiskusikan bersama, dengan tujuan untuk meny-usun rencana tindak lanjut pada tahun yang akan datang. (Download)

Shared: