Workshop KESI: Kelas Kursus Jurnalistik Prodi PBI UMM Sukses Terlaksana Secara Daring

Senin, 04 Juli 2022 02:27 WIB   Pendidikan Bahasa Indonesia

MALANG- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki program baru sebagai bentuk inovasi dalam dunia pendidikan. Kompetensi Ekstra Siswa Indonesia (KESI) merupakan program baru UMM untuk memberikan ruang bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) menambah pengetahuan dalam dunia perkuliahan. Setiap Prodi memiliki program KESI yang berbeda-beda sesuai bidang keahlian masing-masing, tak terkecuali Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI). Dengan skema workshop, Prodi PBI telah sukses melaksanakan KESI dengan program Kelas Kursus Jurnalistik secara daring, Kamis (30/06).

Candra Rahma Wijaya Putra, SS, S.Pd., MA., selaku Sekretaris Prodi PBI UMM menjelaskan bahwa program KESI ini selain untuk memberikan tambahan ilmu, juga dapat memberikan gambaran kepada siswa-siswi tentang dunia perkuliahan.

“Bertema Kelas Kursus Jurnalistik, Program KESI UMM ini memang khusus untuk siswa-siswi SMA. selain untuk menambah ilmu pengetahuan tentang jurnalistik, harapannya nanti juga dapat memberikan gambaran tentang dunia perkuliahan. Kenapa jurnalistik? Karena jurnalistik sendiri merupakan salah satu program mata kuliah unggulan yang ada di Prodi PBI UMM, ” jelas Candra.

Hadir sebagai pemateri, Moh. Fikri Zulfikar, M.Pd., menjelaskan banyak hal tentang jurnalistik. Berlatar belakang sebagai jurnalsis di salah satu surat kabar nasional, lelaki yang akrab dipanggil Mas Fikri tersebut menceritakan pengalamnya selama menjadi jurnalis. “Di sini kita sama-sama belajar, saya tidak banyak menjelaskan tentang teori tetapi lebih ke praktik langsung karena saya sendiri merupan seorang praktisi. Saya akan berbicara banyak tentang suka dukanya menjadi jurnalis, ” sambungnya.

Perserta workshop sangat antusias dalam mengikuti penjelasan materi jurnalistik dari Mas Fikri. Selain itu, perserta juga aktif bertanya tentang materi yang disampaikan pemateri. Lebih lanjut, para peserta juga senang dengan adanya kegiatan tersebut karena dapat memberikan tambahan ilmu dan pengalaman. Tidak hanya itu, para peserta juga diberi kesempatan untuk praktik langsung membuat berita sebagi salah satu produk dari kegiatan jurnalistik. Perserta yang mengirimkan karya yang telah dibuat juga mendapat hadiah menarik dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) UMM.

Shared: