Prodi PBI UMM Edukasi Pentingnya Bahasa dan Sastra Indonesia Kepada Siswa-siswi MAN 2 Blitar

Minggu, 12 Juni 2022 22:57 WIB   Pendidikan Bahasa Indonesia

MALANG- Dalam rangka pelaksanaan program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) melaksanakan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya bahasa dan sastra Indonesia kepada siswa-siswi di MAN 2 Blitar, Sabtu kemarin (11/06). Serangkaian dengan kegiatan tersebut, UMM juga menghadirkan Mobil Pintar dan Mobil Bioskop Keliling andalannya. Tidak hanya itu, Prodi PBI juga mengajak mahasiswanya untuk mempersembahkan penampilan musikalisasi puisi.

Fida Pangesti, S.Pd., M.A., dosen PBI UMM yang juga menjadi pemateri menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan sosialisasi sekaligus edukasi yang dilakukan oleh Prodi PBI UMM. “kegiatan ini merukapan kegiatan untuk mengenalkan Prodi PBI ke siswa-siswi MAN 2 Blitar. Selain itu, kami juga memberikan edukasi tentang pentingnya bahasa dan sastra Indonesia untuk membuka wawasan yang lebih luas lagi, ” jelasnya.

Lebih lanjut, Candra Rahma Wijaya Putra, SS, S.Pd., MA., selaku Sekretaris Prodi PBI UMM yang juga ikut dalam kegiatan tersebut mengenalkan mahasiswa PBI yang tergabung dalam komunitas musikalisasi puisi “Sangkar” (Sanggar Aksara). Sangkar termasuk komunitas yang bergerak dalam bidang sastra.

“Bergerak di bidang sastra, Komunitas Sangkar merupakan komunitas yang terbentuk setelah mahasiswa PBI mengikuti mata kuliah praktek. Komunitas ini menjadi produk nyata yang sangat positif dari mata kuliah yang ada di Prodi PBI, ” tutur Candra.

Menjadi bagian dari rangkaian sosialisasi, Sangkar mempersembahkan tiga musikalisasi puisi yakni puisi yang berjudul “Manusia” karya Korrie Layun Rampan, “Derita Sudah Naik Seleher” karya Wiji Tukul, dan “Senja di Pelabuhan Kecil” karya Chairil Anwar. Dalam kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan beberapa game dan doorprize. di akhir kegiatan, Sangkar berkolaborasi musikalisasi puisi dengan siswa MAN 2 Blitar. Dari kolaborasi tersebut mempersembahkan musikalisasi yang sangat memukau penonton yakni siswa-siswi dan guru MAN 2 Blitar.

Shared: