Pengenalan Prodi PBI Kepada Siswa-siswi SMKN 1 Tambakboyo Tuban dalam Kujungannya ke FKIP UMM

Sabtu, 18 Juni 2022 23:03 WIB   Pendidikan Bahasa Indonesia

MALANG- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kedatangan siswa-siswi dari SMKN Tambakboyo Tuban, kemarin, Kamis (16/06). Kegiatan yang dilaksanakan di aula GKB 4 tersebut difasilitasi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi UMM. Banyak sekali rangkaian acara dalam kegiatan tersebut mulai dari, sambutan, pengenalan jurusan, dan pemberian dooprize.  

Dwi Ari Wahyudi, selaku guru dan perwakilan dari SMKN 1 Tambakboyo Tuban mengucapkan banyak terima kasih atas fasilitas yang diberikan oleh UMM khususnya kepada FKIP dan Prodi Akuntansi UMM. “Saya ucapkan banyak terima kasih atas fasilitas yang diberikan, harapanya anak-anak kami bisa mendapat pengalaman, ilmu, dan juga referensi jurusan kuliah setelah mereka lulus nanti, ” kata Dwi.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan pengenalan jurusan yang ada di FKIP UMM, salah satunya adalah Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI). Dalam kesempatan ini Prodi PBI menjelaskan tentang program unggulan yakni editor dan penerbitan buku. Seperti yang diketahui, Prodi PBI memiliki daya tawar yang cukup menarik mulai dari lulus tanpa skripsi, sampai membekali mahasiswa dengan kemampuan khusus diantaranya ada editor dan penerbitan buku, kemudian ada MC, penyiar radio dan masih banyak lagi. Pembekalan tersebut ditujukan agar mahasiswa PBI UMM ketika lulus tidak melulu menjadi guru, tapi bisa masuk pada bidang dan lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi. Tidak hanya itu, Prodi PBI juga memberikan buku kamus sastra sebagai hadiah kepada siswa-siswi SMKN 1 Tambakboyo Tuban.

Siswa-siswi SMKN 1 Tambakboyo Tuban terlihan antusias selama proses kegiatan berlangsung. Selain karena untuk menambah ilmu dan pengalaman, kegiatan tersebut dapat memberikan gambaran dan langkah apa saja yang harus mereka ambil ketika lulus nanti. Kemudian dengan adanya pengenalan jurusan, dapat meberikan referensi kepada siswa-siswi jika nanti mereka lulus dan melanjutkan untuk kuliah. Selain itu, kegiatan tersebut juga diisi dengan tes bakat dan minat.

Fida Pangesti, S.Pd., M.A.,  selaku dosen PBI dan juga yang memandu pemberian materi dan tes bakat minat menjelaskan bahwa siswa-siswi harus mampu mengenali bidangnya, termasuk bakat dan minatnya sebelum memilih jurusan ketika nanti melanjutkan untuk kuliah.

“Dari tes bakat dan minat ini nanti akan kelihatan bidang mereka itu mengarah ke mana. Harapanya ketika siswa-siswi mengenali bidangnya nati tidak ada khasus salah jurusan. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali mahasiswa yang merasa salah jurusan ketika kuliah dan sudah menempuh beberpaka semester, “ terang Fida di depan siswa-siswi dan guru SMKN 1 Tambakboyo Tuban.

Shared: