Orasi Ilmiah Prof. Dr. Joko Widodo, M.Si dalam Pengukuhan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Malang

Senin, 08 Januari 2024 06:33 WIB

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP UMM – Menutup akhir tahun dengan manis, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMM tambah satu lagi guru besar. Prof. Dr. Joko Widodo, M.Si., dosen Prodi PBI FKIP UMM dikukuhkan oleh Rektor UMM, Prof Dr. Syamsul Arifin, M.Si., pada 27 Desember lalu di Aula Lt 9 GKB 4 UMM.

Dalam orasi ilmiahnya, Bapak Joko panggilan akrab beliau, menyoal tentang peningkatan kualitas apresiasi sastra berdampak signifikan terhadap pencapaian literasi. “Ketepatan mengapresiasi sampai ke taraf reading deyond in the line dapat dikonversi untuk beragai kepentingan. Kepentingan yang dimaksud yakni untuk menyelamatkan masa depan, penghindaran tindak negatif, tercela, penlanggaran peraturan, dan pembentukan karakter yang diidealkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bapak Joko Widodo menerangkan tentang problem dalam apresiasi sastra.

“Ada beberapa yang menjadi masalah dalam apresiasi sastra yakni perkembangan teknologi, proses pembelajran instan, perubahan memerlukan pencermatan secara serius dan cerdas, literasi rendah, dan nilai dalam karya sastra jadi persoalan yang sangat serius. Apresiasi sastra merupakan hasil usaha pembaca dalam menemukan nilai-nilai hakiki,” Jelas Bapak Joko Widodo.

Bukan hanya tentang apresiasi sastra, beliau juga gemar dalam menulis puisi salah satunya yang disamapaikan dalam orasi ilmiahnya yang berjudul Bhakti Negeri. Karya tersebut lahir setelah beliau membaca karya-karya SH Mintardjo.

Dalam orasinya, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabatnya baik ketika kuliah mualai sejak menempuh S1, S2, samapai sahabat saat menempuh gelar doktornya. Kemudian juga memberikan apresiasi khusus kepada Prof. Dr. Joko Saryono, M.Si., M.Pd., selaku promotor yang mendukung disertasinya sampai berhasil mendapat gelar doktor.

Shared: