Menjelang Ujian Ujian Akhir Semester, Mahasiswa PBI UMM Mengikuti Workshop Story Telling

Kamis, 28 Juli 2022 01:57 WIB   Pendidikan Bahasa Indonesia

MALANG- Menjelang ujian akhir semester (UAS), Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gencar membuat kegiatan workshop. Baru-baru ini, Prodi PBI mengadakan workshop Story Telling, Pada Sabtu (23/07). Workshop ini merupakan salah satu kegiatan dari mata kuliah Retorika yang sedang ditempuh oleh mahasiswa di semester 4. Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 30 peserta tersebut dilaksanakan secara luring di Lab Drama FKIP UMM.

Hadir sebagai pemateri, Moza Handayani, M.Pd., merasa senang karena peserta yang hadir cukup antusias mengikuti workshop dari awal sampai akhir kegiatan. dalam kegiatan tersebut, wanita yang akrab dipanggil Bu Moza tersebut menjelaskan banyak hal tentang story telling.

“Saya rasa teman-teman semua sudah tahu apa itu story telling, untuk lebih mudah story telling merupakan kegiatan mendongeng atau bercerita. Sebelum lebih jauh membahas tentang story telling, saya ingin menyampaikan bahwa ada perbedaan antara bercerita dan mendongeng. Lebih gampangnya kalau bercerita ini lebih ke kenyataan atau fakta, sedangkan mendongeng ini lebih kearah yang imajinatif atau khayal, ” jelas Bu Moza kepada peserta workshop.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga memfasilitasi semua peserta workshop praktik langsung dengan didampingi Bu Moza. Bu Moza yang pernah menjuarai beberapa lomba story telling baik lokal maupun nasional tersebut, juga tak segan untuk memberi masukan dan mencontohkan langsung kepada peserta yang tampil mendongeng atau story telling. Menariknya lagi, Bu Moza menjelaskan materi juga dengan alat bantu berupa boneka yang bisa digerakkan dengan tangan. Hal tersebut membuat peserta semakin antusias mengkikuti workshop tersebut.

Fida Pangesti, S.Pd., M.A., selaku dosen pengampu mata kuliah Retorika berharap dengan adanya mata kuliah ini bisa membuat mahasiswa lebih aktif dan produktif. “Workshop story telling ini merupakan workshop kedua dalam mata kuliah Retorika ini.  Sebelumnya juga ada workshop kepenyiaran, mahasiswa diajak terjun langsung ke lapangan. Waktu itu mahasiswa berkunjung langsung ke kantor JTV Malang, ” kata Fida. Dosen yang akrab dipanggil Bu Fida tersebut juga menjelaskan tentang rencana akan diadakan praktik langsung story telling ke sekolah-sekolah. “Natinya juga ada rencana praktek langsung sebagai luaran workshop. Mahasiswa akan datang ke sekolah-sekolah untuk praktek story telling di hadapan siswa. Untuk teknisnya mungkin nanti bisa berkelompok atau individu, ” tutupnya.

Shared: