Pend. Bhs dan Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang
Pend. Bhs dan Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang

Jurnal Nasional 8

PENERAPAN STRATEGI PQ4R

UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF

SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG

TAHUN PELAJARAN 2008/2009

 

 

Nur Aini

 Gigit Mujianto

 Djoko Asihono

 

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang yang masih rendah, khususnya membaca intensif. Hasil observasi di MTs Muhammadiyah 1 Malang menunjukkan bahwa siswa kelas VIII memiliki kemampuan membaca intensif yang kurang maksimal. Siswa mengalami kesulitan dalam menafsirkan buah pikiran, menangkap ide pokok, menangkap maksud pengarang, menilai dan mengomentari bacaan secara kritis, dan mengingat masalah pokok bacaan Penyebab kesulitan dan rendahnya kemampuan siswa ini karena kurangnya motivasi siswa dalam membaca dan metode pembelajaran yang kurang tepat. Oleh sebab itu, perlu dilaksanakan strategi PQ4R untuk mengatasi masalah tersebut. Permasalahannya adalah bagaimana penerapan strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang dan bagaimana peningkatan kemampuan membaca siswa MTs Muhammadiyah 1 Malang dengan menggunakan strategi PQ4R. Peneltian ini bertujuan untuk melaksanakan strategi PQ4R dan meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang sebanyak 31 siswa dan guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Data penelitian ini berupa aktivitas guru dan siswa saat proses pembelajaran membaca intensif serta hasil nilai peningkatan kemampuan membaca intensif siswa. Data tersebut diperoleh dengan teknik wawancara, pengamatan, diskusi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menempatkan guru sebagai pelaksana tindakan dan peneliti sebagai pengamat saat tindakan berlangsung. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi, menyajikan kemudian menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan belajar membaca intensif siswa sebelum tindakan sebesar 32,25%, siklus 1 61, 29%, dan siklus 2 sebesar 83.87%. Siswa juga lebih antusias dan aktif saat pelaksanaan strategi PQ4R. Dengan demikian, pembelajaran membaca intensif dengan menggunakan strategi PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang tahun pelajaran 2008/2009.

 

Kata kunci: Strategi PQ4R, Kemampuan, Membaca Intensif

Selanjutnya >>>

Shared: