Pend. Bhs dan Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang
Pend. Bhs dan Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang

Jurnal Nasional 1

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS XI

SEMESTER II SMA NEGERI 1 GENDING KECAMATAN GENDING

KABUPATEN PROBOLINGGO DENGAN METODE LATIHAN (DRILL METHOD)

 

Ulfa Riza Umami
Drs. Ajang Budiman, M.Hum
Drs. Joko Asihono

 

Abstrak: Survei awal yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Gending, menunjukkan bahwa hasil menulis siswa rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya latihan dan tidak terbiasa dilakukan praktek mengarang atau menulis. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil tulisan siswa dengan menggunakan metode latihan (drill method).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa kelas XI semester II SMA Negeri 1 Gending dengan metode latihan (drill method) ditinjau dari aspek kebahasaan, isi, dan teknik karangan. Hal ini dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan peningkatan kemampuan menulis siswa dari segi kebahasaan, isi, dan mekanik penulisan.

Berdasarkan uraian di atas, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau biasa disebut Action Research (AR). Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Gending dan subjek penelitiannnya adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gending. Data penelitian ini adalah proses dan hasil karya tulis siswa dengan penerapan metode latihan (drill method). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

Hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut. Pertama, perencanaan pembelajaran pada tahap pra penulisan, menulis, dan pasca penulisan dilakukan dalam 2 siklus. Kedua,  pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan perencanaan pembelajaran. Setiap pertemuan atau pembelajaran guru menggunakan 5 tahap pembelajaran. Ketiga,  penilaian yang dilakukan yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses adalah pengamatan selama kegiatan menulis berlangsung. Penilaian hasil merupakan hasil menulis siswa antara nilai hasil pre test dan post test. Keempat, kemampuan menulis sebelum diadakan tindakan atau diterapkan metode latihan (drill method) sangat kurang/rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya latihan siswa dalam menulis. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan metode drill dihasilkan bahwa siswa dapat menyusun atau menulis karangan dengan baik. Dapat dilihat pada perkembangan setiap drill yang dilakukan. Selain itu, dapat dilihat juga pada hasil post test (penilaian setelah dilakukan tindakan) yang menunjukkan peningkatan dari sebelumnya.

 

Kata Kunci: Kemampuan, Metode Latihan,  Menulis Siswa

 

 Selanjutnya.....

Shared: