Pend. Bhs dan Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang
Pend. Bhs dan Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang

Jurnal Nasional 9

 

 

Makna Bahasa Iklan Layanan Masyarakat di Media cetak


ANA A’IMMATUR RIFQI, Dra. Ribut Wahyu Eriyanti, M. Si M. Pd, Drs. Djoko Asihono  
    

Pemilihan judul penelitian ini, didasari oleh suatu ketertarikan peneliti untuk dapat memperoleh gambaran tentang kehidupan sosial masyarakat yang diwujudkan melalui Iklan Layanan Masyarakat di Media Cetak. Peneliti memilih objek iklan layanan masyarakat di media cetak dikarenakan di dalam iklan tersebut syarat akan makna bahasanya baik itu makna bahsa verbal ataupun makna bahasa nonverbal. Dipihnya media cetak oleh peneliti dikarenakan media cetak dianggap mampu dijangkau oleh semua lapisan masyarakat, relatif murah, bersifat fleksibel, tahan lama untuk dibaca, pembaca akan selektif dalam membaca, dan dapat mengemukakan gambar atau tulisan yang menarik dengan kata-kata yang variatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk lebih memahami mengenai makna bahasa (verbal/nonverbal) dala Iklan Layanan Masyarakat di media cetak terutama dari segi semiotik. Permasalahan yang akan dibahas adalah mengenai wujud simbol, makna simbol, dan fungsi simbol dalam iklan layanan masyarakat. 

              
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan semoitik yang menganalisis makna bahasa. Objek yang diteliti dari beberapa media cetak yang dimulai dari tanggal 4 Mei sampai tanggal 18 Juli 2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif tulisan, ataupun gambar. Pada penelitian ini menganalisis mengenai wujud, makna, serta fungsi simbol yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat Tahap penelitian yang dilakukan peneliti adalah mengumpulkan media cetak yang di dalamnya terdapat iklan layanan masyarakat, yang kemudian memilah dan memilih iklan berdasarkan kategorinya, setelah itu peneliti menganalisis bagian-bagian yang telah ditentukan.
          
         
Hasil penelitian menggambarkan bahwa setiap iklan di media cetak mempunyai wujud, makna, dan fungsi simbol yang berbeda-beda. Simbol-simbol yang terdapat pada iklan ada dua macam, yaitu simbol verbal (kata, huruf, tulisan, kalimat, klausa, frase, uraian, paragraf, dan sebagainya) dan simbol nonverbal (gambar, warna gambar, bentuk tulisan). Makna bahasa iklan ada dua, yaitu denotatif dan konotatif. Sedangkan fungsi simbol ada beberapa fungsi seperti fungsi informatif, fungsi estetika, fungsi edukatif, fungsi hiburan, fungsi sugesti tergantung iklan yang ditampilkan.


 Kata kunci : analisis, semiotik, media cetak   

Shared: