WORKSHOP LITERASI SERTIFIKASI PROFESI SEBAGAI PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA DI ERA INDUSTRI 4.0

Jum'at, 24 Mei 2019 15:14 WIB

MALANG- Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan workshop literasi sertifikasi profesi Jumat (22/03/2019) pukul 14.00-16.00 WIB, di Aula GKB 4 Lt. 9. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menjawab kerisauan yang dialami oleh sebagian besar pergerakan pendidikan agar mereka terus melakukan pembehanan. Salah satu yang menjadi titik tolak Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melakukan pembenahan terhadap kerisauan tersebut adalah dengan cara menyiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif dan mampu bersaing secara kompeten. Kegiatan tersebut dilakukan dengan harapan bahwa lulusan sarjana memiliki bekal dan nilai tambah untuk memasuki dunia kerja.

Kegiatan Workshop Literasi Sertifikasi Profesi tersebut menghadirkan narasumber yang berkompeten yakni Dr. Sugiarti, M.Si dan Dr. Ihyaul Ulum, M.Si., AK, CA. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dr. Sugiarti, M.Si sekaligus pemaparan materi mengenai kebijakan Prodi terkait sertifikasi profesi. Materi berikutnya disampaikan oleh Dr. Ihyaul Ulum, M.Si., AK, CA selaku Kepala LSP UMM. Kemudian, dilanjutkan dengan paparan dan berbagai pengalaman yang disampaikan oleh Robby Cahyadi (Magang Internasional dan PIMNAS), Sri Mulyani (Magang di Balai Bahasa Jawa Timur), dan Ari Bagus Subastian (Penyiar radio Tidar Sakti Batu).

Materi-materi yang disampaikan pada kegiatan Workshop Sertifikasi Profesi tersebut sangat menarik, mengingat hal tersebut merupakan jembatan bagi mahasiswa untuk menggali dan meningkatkan kompetensinya terkait profesi yang akan membantunya untuk memasuki dunia kerja. Memalui kegiatan tersebut diharapkan lulusan sarjana terutama lulusan dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMM dapat menjadi lulusan yang berkompeten dan mampu bersaing secara professional dalam dunia kerja. Kegiatan ini juga dapat menambah keterampilan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMM sehingga menjadi lulusan yang lebih unggul dari Prodi-prodi lainnya.

Shared: