PBSI UMM Gerak Cepat: Luncurkan Program Ekuivalensi Tugas Akhir Mahasiswa

Sabtu, 31 Maret 2018 09:50 WIB  

Malang—Belum genap seminggu dari renstra, PBSI UMM telah menggelar sosialisasi hasil musyawarah Rencana Strategis (renstra). Acara ini digelar di hall GKB 4 UMM pada hari Kamis, 29 Maret 2018. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa PBSI lintas angkatan, khususnya mahasiswa-mahasiswa yang akan memprogram tugas akhir (skripsi).

Ketua prodi PBSI, Dr. Sugiarti, M.Si., langsung memimpin acara sosialisasi tersebut. Salah satu program yang telah dirancang untuk mahasiswa adalah ekuivalensi tugas akhir atau skripsi. “Mulai tahun 2018 ini, mahasiswa dapat memilih tugas akhir (skripsi) sesuai minat mereka masing”, ujar ibu Sugiarti penuh semangat.

Ekuivalensi ini merupakan tugas pengganti yang setara nilainya dengan skripsi. Ekuivalensi dibagi menjadi dua, yaitu karya ilmiah dan karya kreatif. Yang termasuk karya ilmiah ini adalah mahasiswa dapat menuliskan artikel jurnal baik ISSN maupun jurnal nasional terakreditasi. Di sisi lain, PBSI juga mewadahi mahasiswa yang memiliki bakat di bidang sastra, yaitu penulisan novel, kumpulan cerpen, dan naskah drama yang dipentaskan.

Program ekuivalensi yang telah diperkenalkan tersebut diharapkan mampu memotivasi mahasiswa untuk segera menyelesaikan kuliahnya. “Mahasiswa sudah bisa merencanakan mulai sekarang tugas akhir apa yang akan mereka ambil. Kami selaku dosen berharap tugas akhir, yaitu skripsi, tidak membebani mahasiswa namun justru memacu mereka untuk berkreatifitas sesuai minat dan dikerjakan dengan rasa senang”, imbuh Arif Setiawan selaku sekretaris jurusan.

Shared: