Pamerkan Ekuivalensi Tugas Akhir Mahasiswa, PBSI UMM dapat sanjungan dari PBSI UMP

Kamis, 05 April 2018 12:04 WIB

 

Malang—Bertajuk seminar nasional, PBSI UMM kedatangan tamu dari jurusan PBSI Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Acara ini bertemakan “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Globalisasi”. Acara yang digelar pada 4 April 2018 ini dibuka dengan sambutan ketua jurusan PBSI UMM, Dr. Sugiarti, M.Si. Dalam sambutannya, Ibu Sugiarti menyisipkan program terbaru PBSI UMM, yaitu ekuivalensi tugas akhir mahasiswa (skripsi). Kebijakan tersebut juga merupakan bagian dari respon terhadap dunia pendidikan di era globalisasi. Beberapa dosen dari UMP memberikan tanggapan positif terhadap kebijakan tersebut.

Acara yang diadakan di aula GKB IV lantai 9 ini dihadiri sekitar 80 mahasiswa dari UMP dan 40 mahasiswa dari UMM sendiri. Semnas ini diisi oleh tiga pemateri, dua pemateri dari UMM dan satu pemateri dari UMP. Dari pihak UMM diwakili oleh bapak M. Isnaini, M.Pd. yang membawakan materi mengenai ke-BIPA-an dan bapak Candra R.W.P., M.A. dengan materinya mengenai perkembangan sastra di era global. Dari pihak UMP sendiri diwakili oleh Drs. Eko Suroso, M. Pd.dengan materinya mengenai manusia materialism di era global.

Selain dari dosen kedua universitas tersebut, semnas ini juga berisi diskusi panel antara mahasiswa UMM dan UMP. Mahasiswa-mahasiswa tersebut mempresentasikan hasil kajian sesuai dengan bidang yang sedang digeluti, kebahasaan dan kesustraan. Antusiasme peserta seminar dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada pemateri, baik dosen maupun mahasiswa.

Acara semnas dilanjutnkan dengan musywarah dan penandatanganan perjanjian antara PBSI UMM dan PBSI UMP. Acara ini terbatas untuk dosen-dosen dari kedua pihak. Salah satu hasil perjanjiannya adalah berkaitan dengan program magang.

Shared: