Pend. Bhs dan Sastra Indonesia

Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa PBSI UMM Uji Nyali dan Kreatifitas di Atas Panggung

Kamis, 18 Januari 2018 12:28 WIB  

Mahasiswa PBSI UMM Uji Nyali dan Kreatifitas di Atas Panggung


 

Malang—Mata kuliah Membaca Sastra menjadi salah satu mata kuliah unggulan yang dimiliki oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia UMM. Mahasiswa mendapat pengalaman sekaligus pembelajaran mengenai proses penciptaan pertunjukan membaca sastra, khususnya musikalisasi puisi. Untuk itulah, Dr. Hari Sunaryo, M. Si. selaku pengampu mata kuliah Membaca Sastra telah membuat tradisi pertunjukan sebagai ujian akhir semester. Pertunjukan yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5 ini diadakan selama 4 hari, yaitu tanggal 15, 17, 18, dan 19 Januari 2018 di Laboratorium Drama FKIP UMM. Pertunjukan ini dimulai pk 09.00, 13.00, dan 15.00 WIB.

“Saya berharap mahasiswa memiliki bekal berupa pengalaman berproses membuat pertunjukan, yaitu musikalisasi puisi. Alhamdulillah sebagian besar kelompok menunjukan geliat berproses dan hasilnya sangat memuaskan”, tutur Bapak Hari. Perlu diketahui bawa pertunjukan ini tidak hanya menuntut mahasiswa untuk bisa membacakan puisi tetapi juga harus bisa mengiringinya dengan tata musik, setting panggung, pencahayaan, videografi, dan bahkan manajemen produksi.

“Sangat menarik dan patut diapresiasi apa yang telah mereka lakukan. Banyak hal positif yang diperoleh mahasiswa. Mereka belajar untuk berani tampil di atas panggung, melatih kerjasama, dan pengalaman mengorganisasikan sebuah tim pertunjukan. Yang paling penting adalah mereka berkarya”, ucap Candra, salah satu penonton pertunjukana. Ditemui di tempat terpisah, sebuah apresiasi lain juga disampaikan Ibu Fida, salah satu dosen PBSI sekaligus sebagai penonton. “Melihat pertunjukan demi pertunjukan membuat saya ingin merasakan tampil di atas panggung”, ujar dosen muda yang pernah berkecimpung dalam seni pertunjukan. (Cn/bind)

Shared: