Mahasiswa PBI UMM Merasakan Lulus tanpa Skripsi

Sabtu, 29 Februari 2020 00:00 WIB

Malang- Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang berhasil menghantarkan mahasiswanya lulus melalui program ekuivalensi skripsi (29/02/2020). Mahasiswa yang berhasil mengikuti program ekuivalensi ini bernama Dini Anggita Sumantri dan Wulan Ria Anggraini. Dini dan Wulan berhasil lulus wisuda periode I tahun 2020 melalui kebijakan ekuivalensi skripsi. Mahasiswa yang lulus melalui program ini tidak perlu repot-repot mengerjakan skripsi. Hal tersebut tentunya membantu mempercepat kelulusan menjadi 3,5 tahun.

Dini dan Wulan bisa mengikuti program tersebut setelah berhasil menjadi satu-satunya wakil Universitas Muhammadiyah Malang dalam perlombaan “Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional” (PIMNAS) di UNY tahun 2018. Keduanya menjadi satu tim dalam mengusung PKM berjudul “1001 Majas”. Keberhasilan Dini dan Wulan menjadi peserta PIMNAS dua tahun lalu memudahkan mereka untuk lulus tanpa repot-repot memikirkan skripsi.

Keduanya merasa sangat bersyukur dengan adanya program ekuivalensi yang sepadan dengan skripsi, kerja keras mereka terbayar dan membuahkan hasil. Wulan merasa sangat bersyukur bisa mendapatkan program ekuivalensi skripsi. “Alhamdulillah, saya bangga menjadi mahasiswa  FKIP UMM, saya menyelesaikan studi tanpa repot dengan skripsi, waktu yang saya butuhkan untuk menyelesaikan studi juga terhitung tepat waktu (3,5) tahun. Hal ini dikarenakan saya lolos PIMNAS di UNY 2018, dengan adanya ekuivalensi skripsi, saya rasa dapat memberikan semnagat lebih pada mahasiswa untuk berinovasi dan berkreasi dalam memacu menyelesaikan studi. Kondisi ini telah saya rasakan sendiri! Terima kasih pada Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang telah mendukung dan mengadakan program ekuivalensi Skripsi”, ujar Wulan, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2016.

Selaras dengan yang dikatakan Wulan, Dini juga merasa usahanya ketika lolos PIMNAS tidak sia-sia melalui program ekuivalensi skripsi. “Alhamdulillah, sebagai mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMM, saya menempuh perkuliahan tanpa harus repot dengan skripsi serta lulus tepat waktu (3,5) tahun berkat lolos PIMNAS ke-31 di UNY 2018, terima kasih kepada Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang telah mendukung  setiap mahasiswanya untuk terus produktif dan bebas skripsi.” Ucap Dini, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2016.

Dini dan Wulan adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang pertama yang merasakan manfaat dari program ekuivalensi skripsi. Program ekuivalensi merupakan program yang diusung Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia untuk membantu mahasiswa agar cepat lulus. Program ekuivalensi yang ditawarkan untuk menggantikan skripsi di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UMM berupa pembuatan karya, terdiri atas menulis opini di media massa nasional, menulis artikel ilmiah, menulis karya sastra produktif seperti novel, menulis naskah drama dan mementaskannya, serta lolos PKM PIMNAS. Program ini tidak hanya membantu cepat lulus tetapi juga mengasah softskill mahasiswa. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UMM membuka peluang sebesar-besarnya untuk bergabung dan memudahkan setiap mahasiswa meraihkan cita-cita.

Shared: