Lokakarya Revitalisasi Kurikulum Berbasis Sertifikasi Profesi

Jum'at, 24 Mei 2019 15:13 WIB

MALANG- Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra IndonesiaUniversitas Muhammadiyah Malangberkomitmen melakukan berbagai terobosan untukmenjawab tantangan zaman. Salah satu terobosan yang ditawarkan dapat terlihat dari berbagai program dalam kurikulum yang ada.Adanya sertifikasi profesi menjadi keunggulan utama dari program-program yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sertifikasi profesi yang tersedia saat ini meliputi bidang Master of Ceremony, Penyiar Radio, dan Pustakawan. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan gagasan tersebut Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan Lokakarya Revitalisasi Kurikulum Berbasis Sertifikasi Profesidi Ruang Sidang FKIP 614UMM dari pukul 08.00 sampai 16.00WIB, Sabtu (9/02/2019).

Acara Lokakarya Revitalisasi Kurikulum Berbasis Sertifikasi Profesimenghadirkan narasumber yang kompeten yakni Dr. Sugiarti, M.Si, Dr. Hari Sunaryo, M.Si, Dr. Asep Nurjaman, M.Si, dan Oneng Sugiarta.  Acara dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dr. Sugiarti, M.Si dan sambutan pembukaan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Muhammdiyah MalangDr. Poncojari Wahyono, M,Kes. Dr. Hari Sunaryo, M.Simenyampaikan tentang pentingnya Sertifikasi Profesi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiasebagai suatu kebutuhan dan tuntutan. Materi kedua dijelaskan oleh Dr. Asep Nurjaman, M.Simengenai Kiat sukses mengelola perpustakaan. Materi selanjutnya disampaikan Oneng Sugiartatentang kiat  sukses sebagai public speaking.

Materi yang disampaikan pada acara Lokakarya Revitalisasi Kurikulum Berbasis Sertifikasi Profesisangat menarik. Keberadaan sertifikasi profesi menjadi alat untuk membuktikan bahwa mahasiswa memiliki kompetensi yang unggul khususnya dalam bidang Master of Ceremony, Penyiar Radio, dan Pustakawan.Diharapkan lulusan dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra IndonesiaUniversitas Muhammadiyah Malangdapat menjadi lulusan yang berkompeten. Hal tersebutditunjang oleh fasilitas-fasilitas serta kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi.Adanya kegiatan iniakan menambah keterampilan yang dimiliki oleh lulusan Prodi Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malangsehingga memiliki nilaiplusjika dibandingkan Program Pendidikan Bahasa Indonesiadi universitas lainnya.

Shared: