Aplikasi "1001 Majas" Mudahkan Masyarakat Mengenali Majas

Selasa, 03 Juli 2018 08:45 WIB

Malang—Majas menjadi salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa tingkat SD hingga SMA. Namun demikian, materi yang majas tidak serta merta mudah dikuasai ataupun dihafalkan. Untuk itulah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang menciptakan aplikasi berbasis android yang diberikan nama “1001 Majas”.

 

 Dini Anggita Sumantri dan Wulan Ria Anggraini selaku mahasiswa peneliti dan pengembang aplikasi tersebut mengatakan bahwa aplikasi majas ini ditujukan untuk siswa-siswa agar lebih mudah dalam mengenali majas. Dini dan Wulan tidak bekerja sendiri dalam pengembangan aplikasi tersebut. Mereka menggandeng mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UMM bernama Shodiq Imam Purnomo dan Farih Nazihullah. Selain itu, mereka juga dibantu oleh  mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Faisal Hidayat untuk pengembangan konsep isi aplikasi maupun komik. 

Wulan menjelaskan bahwa aplikasi tersebut memiliki tiga menu utama, yaitu permainan, materi, dan komik. Ketiga menu aplikasi tersebut pada dasarnya merujuk pada pemahaman pengguna mengenai majas. “majas-majas ini dikolaborasikan ke dalam cerita. Untuk itu semua menu memang berujung pada penguasaan dan pengenalan majas,” ungkap Dini. Kedepannya, tim pengembang aplikasi akan menyiapkan sekitar 20 cerita yang akan dimasukan ke dalam aplikasi komik. Aplikasi ini sudah dapat diunduh dan dinikmati oleh masyarakat luas melalui play store dan app store. (cn/ee)

Shared: